Kenapa Harus Diet

Apa itu diet?

Diet adalah penyesuaian asupan baik makanan dan minuman yang kita konsumsi tiap hari agar sesuai dengan kebutuhan gizi dan produktifitas kita sehari-hari. Karena umum kita ketahui bahwa konsumsi asupan kebanyakan masyaratakat Indonesia tidak mengutamakan nilai gizi dan tidak memperhatikan tingkat aktifitasnya. Slogan yang umum beredar di masyaratakat adalah “Asal Kenyang” itu paling dan lebih utama, nilai kalori dan gizi jadi nomer 16.

Kekeliruan di atas akhirnya menyebabkan tidak sempurnanya proses penyerapan nutrisi oleh tubuh. Ada yang jadi kegemukan atau malah jadi kurus. Akibatnya asupan gizi menjadi tidak teratur yang membuat tubuh kelebihan zat tertentu atau justru kekurangan.

Bagi mereka yang sudah terlanjur gemuk atau kurus dianjurkan untuk mengubah pola makannya dan mengikuti program diet sehat untuk mencapai berat badan ideal mereka. Kunci dari program iniĀ adalah mengubah pola makan dan menyeimbangkannya dengan kebutuhan dan aktifitas kita sehari-hari.

diet dan coffee green premium

Mengapa harus diet?

Pada dasarnya ada 2 kategori kenapa orang harus melakukan diet, yaitu alasan KESEHATAN dan atau PENAMPILAN. Diet dilakukan untuk kembali menyeimbangkan asupan yang harus diterima tubuh terhadap aktifitasnya, mengoptimalkan masing-masing fungsi organ dalam tubuh dan mengembalikan bentuk normal (berat badan) tubuh.

Diet Karena Alasan KESEHATAN

Alasan kesehatan biasanya menjadi sebab mengapa kita harus diet. Karena pola makan yang buruk, biasanya berefek pada asupan gizi yang tidak sesuai yang dapat memicu kegemukan atau obesitas. Jika tidak dikontrol, kegemukan dapat memicu timbulnya beberapa penyakit berbahaya, antara lain :

1. Resiko Penyakit Jantung dan tekanan darah tinggi
Pola makan yang buruk, misalnya konsumsi junk food yang berlebihan dapat membuat kegemukan. Jika kandungan kolesterol jahat sudah melebihi batas, maka dapat membuat pembuluh darah tersumbat yang dapat memicu serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Diabetes dan Batu Ginjal
Diabetes dapat muncul karena konsumsi gula yang berlebihan, meskipun sering dijumpai karena faktor keturunan. Orang yang kegemukan biasanya juga mengkonsumsi makanan berglukosa dan berkarbohidrat tinggi yang tidak diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan. Obesitas dapat memicu penyakit gula. Sedangkan batu ginjal dapat terbentuk pada orang yang obesitas di mana lemak yang berlebihan dapat menyumbat saluran urin. Jika dibiarkan terlalu lama lemak ini akan merusak ginjal yang dapat memicu penyakit gagal ginjal.

Diet Karena Alasan PENAMPILAN

Bentuk tubuh yang tidak ideal adalah alasan mengapa kita harus diet. Banyak tuntutan profesi yang mengharuskan tubuhnya harus ideal dan proporsional seperti artis, model, penari, atlet, dsb. Ketika tubuhnya sudah tidak ideal maka akan berakibat buruk pada pekerjaan yang digelutinya.

Adapun alasan lain yang membuat orang untuk diet terkait alasan penampilan adalah :

1. Krisis percaya diri
Umumnya orang akan malu untuk tampil di depan umum dengan bentuk fisiknya yang tidak sesuai baik yang kegemukan atau terlalu kurus. Dengan tubuh yang tidak ideal membuat orang tidak percaya diri dengan dirinya.

2. Tekanan sosial
Orang yang mempunyai tubuh tidak ideal baik itu kurus atau gemuk biasanya akan menjadi bahan ejekan dan candaan di lingkungan sekitarnya. Tak sedikit yang menyebut tampilan fisik sebagai nama panggilannya. Ini mendorong orang melakukan diet untuk mengubah penampilannya.

Umumnya diet dilakukan setelah menyadari adanya perubahan tubuh bentuk tubuh atau karena alasan kesehatan. Namun sebaiknya melakukan diet jangan hanya menunggu setelah obesitas terjadi. Kontrol gizi dalam asupan makanan harus selalu dijaga. Bila perlu konsultasikan dengan ahli gizi untuk menentukan pola makan yang tepat tiap harinya. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi dari sekarang jagalah pola makan anda untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *